Inklusi keuangan merupakan gagasan yang sederhana: individu dan bisnis sama-sama dapat mengakses pembayaran yang aman, nyaman, dan terjangkau berikut layanan keuangan lain, serta menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meraih tujuan jangka panjang mereka.
Sederhana, namun tidak mudah. Saat ini, sekitar sebagian orang dewasa di dunia hidup dalam perekonomian informal dan hanya bertransaksi dengan uang tunai. Apabila kita salah satu dari sekitar dua miliar orang ini, artinya kita menghadapi kendala keuangan yang membuat hidup kita berisiko, mahal, dan tidak efisien. Inklusi Keuangan membantu mengentaskan orang dari kemiskinan, menciptakan warga yang berdaya dan produktif, serta mendorong peluang usaha dan membangkitkan pertumbuhan ekonomi.
Pembayaran digital bertindak sebagai pembuka jalan bagi inklusi keuangan — karena kerap kali hal ini merupakan produk keuangan formal pertama yang digunakan orang. Dalam 60 tahun terakhir ini, Visa berupaya menghubungkan ratusan juta orang dan organisasi dengan sistem global yang memudahkan mereka melakukan transaksi keuangan dengan cepat, aman, dan andal. Dengan jangkauan, wawasan, dan kapasitas teknis kami, Visa cukup mampu memajukan program inklusi keuangan.
Pada tahun 2015, Visa menyatakan komitmen publik untuk menyediakan akun pembayaran bagi 500 juta orang lainnya yang tidak memiliki rekening bank sebagai bagian dari seruan Bank Dunia untuk program Akses Keuangan Universal pada 2020. Kami sangat antusias untuk menggapai tujuan yang hebat ini, dan kami yakin tujuan tersebut dapat diraih!