Visa dan Pertamina Retail Dukung Masyarakat Indonesia Beralih ke Pembayaran Contactless

09/07/2021

Kolaborasi meluncurkan kampanye untuk mempromosikan pembayaran contactless di sejumlah outlet SPBU COCO Pertamina di Jabodetabek dan Bandung

 

Visa, pemimpin pembayaran digital dunia, dan PT Pertamina Retail, Perusahaan Ritel Energi Nasional bervisi kelas dunia, hari ini mengumumkan 25 nama pemenang gelombang kedua program “Tap Visa Contactless” yang memberikan gratis bensin selama satu tahun untuk 50 pemegang kartu Visa dengan transaksi nirkontak (contactless) terbanyak, di SPBU Pertamina yang berpartisipasi di Jabodetabek dan Bandung, selama periode 1 April-30 September 2021.

 


Irman S. Qodri, Ast Manager Marketing Promotion & Product Services PT Pertamina Ritel (Paling kiri) dan Jacqueline Hartono, Head of Account Executive Visa Indonesia (Paling kanan) berfoto bersama perwakilan para pemenang program kampanye “Tap Visa Contactless”. Program ini memberikan gratis bensin selama satu tahun untuk 50 partisipan pemenang pemegang kartu Visa Contactless dengan akumulasi transaksi tertinggi di SPBU COCO Jabodetabek & Bandung di dua periode yang telah ditentukan.

 

Daftar 50 nama pemenang lengkap bisa dilihat di akun resmi Pertamina Ritel @pertamina_retail. Pengumuman 25 pemenang gelombang kedua (periode Juli-September 2021) ini dilakukan bersamaan dengan pemberian hadiah secara simbolis kepada pemenang, dalam sebuah acara tatap muka di lokasi SPBU COCO 31-12802 Jl. MT Haryono, Jakarta.

Program ini digelar sebagai kerja sama kedua belah pihak dalam menyambut bertumbuhnya minat masyarakat Indonesia terhadap pembayaran contactless yang dinilai sebagai cara membayar yang lebih nyaman, aman, dan sehat dibandingkan uang tunai.

Berdasarkan Studi Visa Consumer Payment Attitudes1, sekitar 69% masyarakat Indonesia mengatakan mereka membawa semakin sedikit uang tunai dan lebih sering menggunakan pembayaran contactless2. Alasannya, pembayaran contactless dinilai lebih nyaman karena tidak perlu membawa uang tunai (67%), mudah digunakan (61%), dan aman dari risiko penularan virus (60%).

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia, mengatakan, “Di banyak negara di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, adopsi pembayaran contactless masih terbilang baru namun mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Membayar hanya dengan mentap kartu kredit contactless tentunya sangat memudahkan transaksi sehari-hari. Belanja harian menjadi lebih cepat dan tidak merepotkan karena konsumen hanya perlu tap untuk membayar contohnya saat mengisi bahan bakar di SPBU COCO Pertamina, tanpa perlu memasukkan nomor pin untuk transaksi yang bernilai rendah”. Riko melanjutkan, “Kami senang dapat bekerja sama dengan Pertamina Retail berawal di Jabodetabek dan Bandung, untuk ikut mendorong masyarakat Indonesia bergabung dengan komunitas global dalam merangkul cara membayar yang nyaman, andal, dan aman ini sebagai bagian dari the new normal.”

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong adopsi pembayaran contactless, Visa dan Pertamina Retail telah menginisiasi kampanye konsumen tersebut, yang menghadirkan promosi gratis bensin setahun di 82 SPBU COCO PT Pertamina Retail, berlaku bagi pemegang kartu kredit contactless dari seluruh bank penerbit terkait, dengan minimum Rp 250.000 per transaksi.

Iin Febrian, Direktur Utama PT Pertamina Retail menyatakan, “Transaksi cashless di SPBU mengalami peningkatan sebesar 60% di tahun 2021, namun kebanyakan masih melalui pembayaran dengan metode swipe atau dip kartu yang mana masih menimbulkan interaksi antara konsumen dan operator SPBU, sehingga beresiko untuk penyebaran virus di musim pandemi seperti ini". Iin menambahkan, "Dengan adanya metode pembayaran baru melalui kartu contactless yang diinisiasi oleh Visa, kerjasama ini diharapkan juga dapat menjadi upaya dari kedua belah pihak untuk memitigasi penyebaran virus covid-19 terutama di area SPBU COCO Pertamina".

Secara global, transaksi Visa contactless atau tap-to-pay telah bertumbuh lebih dari 30% secara year-on-year3. Kawasan Asia Pasifik memimpin adopsi pembayaran contactless, di mana dari total transaksi kartu Visa yang dilakukan secara tatap muka, lebih dari 50% menggunakan kartu contactlessatau metode tap to pay. Di sejumlah negara, seperti Australia, Singapura, Selandia Baru, dan Taiwan, porsi pembayaran contactless mencapai lebih dari 75% dari total transaksi kartu Visa yang dilakukan secara tatap muka4.

Di Indonesia, pembayaran menggunakan kartu kredit contactless Visa dapat dilakukan hanya dengan sekali tap, tanpa perlu memasukkan PIN untuk nominal transaksi hingga Rp1 juta.

 

1 Studi Visa Consumer Payment Attitudes dilakukan oleh CLEAR M&C Saatchi pada bulan Agustus-September 2020 dan dibiayai oleh Visa dengan tujuan memahami perilaku pembayaran konsumen terkait pembayaran digital, perbankan digital, dan masa depan perdagangan. Seiring pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, studi ini menggali lebih dalam bagaimana pandemi telah mengubah perilaku pembayaran dan seperti apa dunia perdagangan pasca pandemi. Survei dilaksanakan melibatkan 1.000 konsumen di Indonesia, dengan demografi responden adalah pria dan wanita umur 18-65 tahun dengan pendapatan bulanan minimal Rp 3 juta.

2 Pembayaran contactless termasuk dompet digital dan kartu contactless

3Visa Quarterly Earnings 2Q 2021

4VisaNet, February 2021

 

Tentang Visa

Visa Inc. (NYSE: V) merupakan pemimpin pembayaran digital di dunia. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, dapat diandalkan, dan aman yang memungkinkan konsumen, pemain bisnis dan ekonomi untuk maju dan berkembang. Jaringan pemrosesan kami yang canggih bernama VisaNet merupakan sistem pembayaran yang aman dan dapat diandalkan secara global serta mampu menangani lebih dari 65.000 pesan transaksi per detik. Visa terus melakukan inovasi tanpa henti yang merupakan penggerak pertumbuhan dunia perdagangan melalui berbagai alat, dan merupakan pendorong di balik impian masa depan, yaitu dunia tanpa uang tunai untuk seluruh lapisan masyarakat, dimanapun ia berada. Seiring dengan perubahan dari analog ke digital, Visa menghadirkan merk, produk, layanan, jaringan dan usaha kami untuk mengubah bentuk dunia perdagangan di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi About Visa, visa.com/blog dan @VisaNews.