Visa bermitra dengan Kementerian Pariwisata untuk tingkatkan pengalaman perjalanan wisatawan asing pemegang kartu Visa yang berkunjung ke Indonesia
12/17/2024
Pelayanan yang menawarkan kemudahan bagi pemegang kartu Visa dari luar negeri yang berkunjung ke Indonesia, termasuk pemegang kartu Visa Infinite, Visa Signature, dan Visa Platinum
Visa, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, menegaskan kembali komitmennya untuk mendukung pertumbuhan pariwisata di Indonesia dengan meningkatkan kemudahan dan keamanan transaksi digital bagi seluruh wisatawan asing. Kemitraan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pembayaran yang lancar, aman, dan menguntungkan baik bagi para wisatawan asing maupun bisnis lokal.
Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengatakan, “Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata (sebelumnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) menyambut baik inisiatif dan komitmen yang Visa lakukan. Sejak Visa menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata untuk menjadi mitra co-branding kampanye Wonderful Indonesia pada 2019, Visa terus mendukung pariwisata Indonesia dalam mengintegrasikan teknologi untuk pembayaran digital. Kerja sama yang saat ini dilakukan merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis jangka panjang antara Visa dan Kementerian Pariwisata yang terus berlanjut untuk meningkatkan kualitas pariwisata melalui kemudahan pembayaran digital, demi mendukung pencapaian target 14,3 juta wisatawan asing pada akhir 2024.”
Pada momentum liburan akhir tahun, pemegang kartu Visa yang berkunjung ke Indonesia dapat menikmati rangkaian penawaran spesial di sejumlah merchant pilihan. Sementara itu, para pemegang kartu Visa Infinite, Visa Signature, dan Visa Platinum dapat memanfaatkan Visa Concierge, asisten pribadi dan panduan gaya hidup digital yang bisa diakses setiap saat. Fasilitas ini menghadirkan akses ke pengalaman luar biasa setiap harinya melalui berbagai layanan, dan penawaran istimewa lainnya seperti reservasi restoran dan penginapan, rekomendasi aktivitas dan objek wisata lokal, bantuan untuk layanan kesehatan, bisnis, dan gaya hidup, serta masih banyak lagi. Sejumlah manfaat ini dapat membantu pemegang kartu untuk mengatur dan mengelola rencana perjalanan mereka agar lebih berkesan. Lebih lanjut, kartu Visa menyediakan fitur keamanan yang telah ditingkatkan, pengajuan aplikasi yang mudah, dan pelacakan pengeluaran, menjadikannya sebagai sebuah solusi lengkap yang dibutuhkan wisatawan asing saat berlibur.
Badan Pusat Statistik menyebutkan, kunjungan wisatawan asing pada September 2024 mencapai angka 1,28 juta, meningkat hingga 19,53 persen dari tahun ke tahun. Pada periode Januari hingga September 2024, tercatat sudah ada 10,38 juta wisatawan asing yang mengunjungi Indonesia. Sejalan dengan temuan tersebut, survei Green Shoots Radar Visa yang dilakukan pada bulan Juni 20241 mengungkapkan bahwa 85 persen responden di seluruh wilayah tersebut berniat untuk bepergian ke luar negeri, dengan Indonesia berada di peringkat teratas di antara destinasi yang diminati.
Lonjakan ini menghadirkan peluang yang signifikan bagi UMKM untuk mendorong transaksi melalui QRIS, menawarkan keamanan dan kenyamanan yang lebih baik bagi wisatawan dengan mengurangi penanganan uang tunai dan memperluas opsi pembayaran digital lintas batas. Visa telah mengintegrasikan kartu debit dan kartu kreditnya, sehingga pengguna asing dapat mengisi ulang dan bertransaksi dengan kartu mereka sebagai sumber dana melalui transaksi QRIS menggunakan dompet elektronik domestik. Hal ini kemudian menciptakan keselarasan visi antara Visa dengan Tourism 5.0 dari Kementerian Pariwisata, yang menekankan integrasi teknologi dalam kegiatan pariwisata, termasuk pembayaran non-tunai bagi wisatawan asing.
Vira Widiyasari, Country Manager Visa Indonesia mengatakan, “Visa memiliki misi untuk mendukung ekosistem pembayaran digital di Indonesia, serta memfasilitasi pengalaman pembayaran yang lebih lancar dan aman bagi para wisatawan. Melalui kerja sama integrasi kartu debit dan kredit yang dilakukan oleh Visa dengan dompet elektronik lokal, kami hendak menyederhanakan transaksi bagi para wisatawan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pariwisata dan devisa negara. Sejalan dengan Kementerian Pariwisata, kami berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman perjalanan bagi seluruh pemegang kartu Visa dengan berbagai pilihan pembayaran digital, memastikan perjalanan mereka aman dan memuaskan.”
Kolaborasi antara Visa dan Kementerian Pariwisata menegaskan komitmen bersama untuk mendorong pertumbuhan finansial dan ekonomi Indonesia, melalui penguatan ekosistem solusi pembayaran digital yang solid, yang juga memberikan manfaat bagi pengunjung dan bisnis lokal.
___________________________________________
1 Survei Green Shoots Radar, mensurvei 9.900 responden di seluruh Asia Pasifik pada bulan Juni 2024 termasuk 700 orang Indonesia.
Tentang Visa
Visa (NYSE: V) adalah pemimpin dunia dalam pembayaran digital, yang memfasilitasi transaksi antara konsumen, pedagang, lembaga keuangan, dan entitas pemerintah di lebih dari 200 negara dan wilayah. Misi kami adalah menghubungkan dunia melalui jaringan pembayaran yang paling inovatif, nyaman, andal, dan aman, sehingga memungkinkan individu, bisnis, dan ekonomi berkembang. Kami percaya bahwa ekonomi yang mencakup semua orang di mana pun, akan mengangkat semua orang di mana pun, dan melihat akses sebagai dasar bagi pergerakan uang di masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Visa.com.